TRAINING IN COLLABORATION

Sistem pendidikan yang baik didukung oleh beberapa unsur yang baik pula, antara lain: (1) Organisasi yang sehat; (2) Pengelolaan yang transparan dan akuntabel;(3) Ketersediaan Rencana Pembelajaran dalam bentuk dokumen kurikulum yang jelas dan sesuai kebutuhan pasar kerja; (4) Kemampuan dan Ketrampilan sumberdaya manusia di bidang akademik dan non akademik yang handal dan profesional;(5) Ketersediaan sarana-prasarana dan fasilitas belajar yang memadai, serta lingkungan akademik yang kondusif. Kelima unsur tersebut merupakan pendukung perguruan tinggi untuk dapat mengembangkan iklim akademik yang sehat, serta mengarah pada ketercapaian masyarakat akademik yang professional.

Program Studi Diploma IV Teknokimia Nuklir membekali mahasiswa dengan ilmu teknik kimia yang mengutamakan pengalaman belajar yang terkait dengan bahan nuklir baik untuk keperlun bahan bakar nuklir maupun keperluan lain untuk maksud-maksud damai, radiokimia yang mencakup proses pemisahan radioisotop, dan kimia radiasi.

Program Studi D-IV Teknokimia Nuklir mencakup  pengembangan  rekayasa proses kimia terutama  dalam proses kimia bahan nuklir dan proses kimia termasuk teknologi untuk pemisahan kimia dan radionukliuda, pengelolaan limbah, untuk mencapai sistem energi nuklir berkelanjutan.  Mata kuliah dalam program studi Diploma IV Teknokimia Nuklir  dirancang mengacu pada kompetensi teknik kimia terutama proses kimia bahan nuklir dan kimia radiasi.

Demi tercapainya visi, misi, dan tujuan yang telah dibuat, Jurusan Teknokimia Nuklir terus mengembangkan unit-unit yang mampu berkontribusi positif demi kemajuan Jurusan Teknokimia Nuklir. Unit tersebut meliputi tersedianya SDM (Dosen dan Staff) Jurusan Teknokimia yang berkualitas, fasilitas laboratorium dan penunjang yang mumpuni, dan rancangan kurikulum yang dituangkan dalam Kurikulum Prodi D-IV Teknokimia Nuklir tahun 2011 dikembangkan dengan mengacu ABET (American Board for Engineering and Technology).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *