TEKNOKIMIA NUKLIR

MAHASISWA BARU DAN WALI MAHASISWA DIAJAK JALAN-JALAN KUNJUNGAN LABORATORIUM

04 Sep

Tidak banyak kampus Perguruan Tinggi yang mau terbuka terhadap persoalan akademik maupun hanya sekedar sharing bersama wali mahasiswanya. Padahal hal ini memiliki fungsi penting guna mencegah permasalahan serta memecahkan permasalahan bersama-sama atau memberikan pemahaman terkait berbagai kebijakan yang dikeluarkan Perguruan Tinggi tersebut.

Rabu, 23 Agustus 2017, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir mengundang mahasiswa baru beserta wali mahasiswa untuk pertemuan guna menjalin silaturahmi dan membuka komunikasi antara dosen dengan wali mahasiswa. Pada pertemuan yang dilaksanakan sehari penuh ini dibagi dalam beberapa sesi. Sesi pertama adalah sesi perkenalan dengan para pimpinan kampus STTN dan perkenalan kampus STTN serta Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Toto Trikasjono, M. Kes selaku Pembantu Ketua II, mengungkapkan “Tujuan dari diadakannya pertemuan dengan wali ini adalah pengenalan seluruh aspek yang ada di dalam kampus. Wali mahasiswa perlu tahu seperti apa penyelenggaraan pendidikan di STTN yang merupakan Perguruan Tinggi di bawah BATAN”. Pada sesi pertama juga diadakan seminar terkait aplikasi teknologi nuklir dalam berbagai bidang yang disampaikan oleh dosen Prodi TKN, Sugili Putra, M. Sc. Tujuan dari seminar yang diadakan mulai jam 10.00 hingga 11.30 ini agar mahasiswa baru dan wali mahasiswa memiliki wawasan yang tepat serta menghilangkan persepsi negatif orang awam terkait nuklir. Dengan demikian wali mahasiswa akan merasa aman memberikan izin putra-putrinya kuliah di STTN.

Sesi kedua yang dimulai pukul 13.00 adalah sesi perkenalan mahasiswa dan wali mahasiswa terhadap prodi yang diambil, khususnya Prodi Teknokimia Nuklir (TKN) yang meliputi perkenalan dosen dan staf karyawan, pengenalan kurikulum, serta profil dan capaian lulusan dari Prodi TKN. Pada sesi ini, Kartini Megasari, M. Eng selaku Ketua Prodi TKN memaparkan seperangkat kurikulum perkuliahan pada Prodi TKN, bagaimana proses perkuliahan yang akan dijalankan oleh mahasiswa selama kuliah, peraturan akademik yang harus dipenuhi oleh mahasiswa Prodi TKN, kompetensi dan ranah kerja dari lulusan Prodi TKN, serta proses bagaimana jurusan memfasilitasi pengembangan hardskill dan softskill mahasiswa Prodi TKN. Pada sesi kedua ini, wali mahasiswa sangat antusias untuk berdiskusi dan tanya jawab khususnya terkait bagaimana agar putra-putrinya bisa mengikuti perkuliahan di Prodi TKN tanpa hambatan yang berat. Sesi kedua ini ditutup dengan Ketua Jurusan beserta dosen prodi TKN memohon dukungan orang tua mahasiswa untuk bersama-sama memantau perkembangan anak didik.

Agenda pada sesi ketiga pertemuan dosen dan wali mahasiswa adalah kunjungan laboratorium. Prodi TKN tidak hanya membekali mahasiswanya dengan berbagai kompetensi melalui perkuliahan reguler, tetapi juga mendukung mahasiswa untuk terampil melaksanakan praktikum di laboratorium. Oleh karena itu, Prodi TKN juga memfasilitasi mahasiswanya dengan laboratorium mulai dari laboratorium kimia dasar, kimia analitik, instrumentasi kimia, studio perancangan kimia, operasi teknik kimia dan proses, instrumentasi nuklir, kimia radiasi, proteksi radiasi, dan Iradiator Gamma. Selain itu STTN juga mendapatkan fasilitas laboratorium di kawasan PSTA-BATAN seperti laboratorium Mesin Berkas Elektron (MBE), Reaktor nuklir, dan alat-alat instrumentasi. Pada sesi ketiga yang dimulai pukul 14.30 sampai 16.00 ini mahasiswa baru dan wali mahasiswa diajak untuk berkeliling mengunjungi satu per satu laboratorium Prodi TKN di STTN dan PSTA-BATAN.

Mengingatnya banyaknya laboratorium fasilitas Prodi TKN serta keterbatasan waktu yang dimiliki oleh wali mahasiswa dalam kegiatan kunjungan, maka kunjungan difokuskan pada sarana prasarana dan suasana praktikum di laboratorium. Hal ini penting untuk memberi gambaran mahasiswa baru dan wali mahasiswa bagaimana proses praktikum berjalan, mengingat sebagian praktikum berkaitan dengan kenukliran yang harus benar-benar menaati aturan laboratorium dan mengenakan alat pelindung diri lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *