PAMERAN TUGAS AKHIR MAHASISWA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NUKLIR 2017

Dalam rangka Ujian Tugas Akhir Semester Genap Tahun Akademik 2016-2017 diakhiri dengan gelar karya penelitian yang bertajuk “Pameran Tugas Akhir” yang dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2017 di Auditorium STTN, Yogyakarta. Pameran Tugas Akhir ini digelar sebagai wujud apresiasi yang diberikan atas pencapaian studi para calon wisudawan, dan sebagai sarana sharing knowledge kepada para mahasiwa baru bertepatan dengan agenda pertemuan wali dan mahasiswa baru STTN.

Karena ini merupakan pameran hasil tugas akhir skripsi dari mahasiswa tingkat akhir, Bu Kartini Megasari, M. Eng. Selaku Ketua Jurusan Teknokimia Nuklir berharap program studi TKN dapat lebih dikenal masyarakat dan tidak menutup kemungkinan untuk mahasiswa TKN agar dapat segera membuka usaha atau bekerja di sebuah instansi sesuai dengan keahlian yang mereka miliki.

Pameran Tugas Akhir ini menarik antusisme pengunjung dari kalangan mahasiswa maupun orang tua wali mahasiswa. Pameran Tugas Akhir ini ditujukan untuk edukasi dan diseminasi hasil penelitian sekaligus secara persuasif mengajak masyarakat untuk lebih menerima aplikasi teknologi nuklir pada produk-produk baik pangan maupun kesehatan.

Selain menampilkan poster dan ex-banner hasil penelitian, mahasiswa juga menampilkan produk hasil penelitian. Salah satu produk hasil penelitian milik Arif Fajar yaitu produk cabe giling yang mampu awet tahan lama melalui proses iradiasi gamma. Selain itu juga produk lain seperti hasil sintesis mikrogel dan hidrogel yang dapat diaplikasikan pada industri dan pengolahan limbah industri.

Pada kesempatan tersebut, Pembantu Ketua II STTN, Toto Trikasjono, M.Kes mengatakan bahwa STTN berkomitmen tinggi untuk meningkatkan penelitian dosen dan sekaligus melibatkan mahasiswa sebagai bentuk pengembangan keilmuan dan tanggung jawab sebagai perguruan tinggi yang mempunyai kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *