TEKNOKIMIA NUKLIR

MENGEMBANGKAN DOSIMETER THERMOLUMINESENSI, MAHASISWA MENDAPAT HIBAH PENELITIAN DARI PT. INTERGY INDONESIA

15 Nov

Radiasi merupakan pancaran energi yang tidak dapat dilihat bentuk dan jumlahnya. Oleh karena itu, diperlukan dosimeter yang akan berfungsi sebagai alat untuk mengetahui keberadaan dan kuantitas radiasi. Salah satu dosimeter yang masih digunakan hingga saat ini adalah dosimeter thermoluminesensi karena mudah digunakan, jangkauan deteksi yang tinggi, dan efektifitas biaya.Dilatar belakangi oleh kebutuhan dosimeter serta belum tersedianya produk dosimeter komersial di Indonesia, salah seorang mahasiswa Teknokimia Nuklir yang bernama Rikhi Galatia telah melakukan penelitian tugas akhir untuk mensintesis dan menguji dosimeter thermoluminesensi.

Rikhi Galatia berhasil membuat Thermoluminesensi Dosimetri (TLD) serbuk CaSO4:Dy,Mn dengan bahan dasar CaSO4.2H2O serta doping Dy2O3 dan MnSO4.H2O. Dosimeter tersebut disintesis menggunakan metode kristalisasi dengan beberapa variasi sehingga didapatkan komposisi Mn dan pemanasan yang optimum. Uji respon terhadap radiasi telah dilakukan di PTKMR-BATAN dan menghasilkan data yang baik. Dosimeter yang disintesis terbukti memiliki akurasi dan presisi yang baik terhadap radiasi.

Penelitian tugas akhir pada tahun 2017 tersebut diapresiasi baik oleh PT. Intergy Indonesia. Bapak Mauliddin Sinaga selaku Direktur PT. Intergy dan selaku CEO Uangkursus.com secara khusus menyempatkan diri datang ke Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir dan bertemu langsung dengan Rikhi Galatia beserta Dosen Teknokimia Nuklir. Pertemuan yang berlangsung di Jurusan Teknokimia Nuklir tanggal 25 Agustus 2017 tersebut membahas mengenai pentingnya memproduksi teknologi secara mandiri di Indonesia, dilanjutkan dengan penyerahan sumbangan dana hasil penelitian kepada Rikhi Galatia. Hibah penelitian tersebut diharapkan dapat memacu semangat penelitian mahasiswa sehingga tercipta teknologi mandiri dan sumber daya manusia yang kompeten serta berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *