TEKNOKIMIA NUKLIR

SHARING KNOWLEDGE : KERJA PRAKTIK DI THAILAND DAN KARIER SEBAGAI LULUSAN TKN

15 Nov

Sharing knowledge merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (Jurusan Teknokimia Nuklir) kepada mahasiswa TKN sebagai salah satu media penyampaian pengetahuan di luar perkuliahan. Tanggal 4 Oktober 2017 telah diselenggarakan kegiatan sharing knowledge dengan dua tema, yaitu tema “Kompetensi pembentuk profil kerja sebagai Supervisor Laboratorium dan Perekayasa Proses Kimia” serta tema “Kerja Praktik di SLRI Thailand: SAXS dan Mikro XRF”. Kegiatan ini berlangsung pukul 13.30-16.00 WIB di ruang kelas 11 lantai IV STTN, BATAN dan dihadiri oleh 29 mahasiswa, 3 dosen, serta 2 alumni pembicara.

Presentasi sharing knowledge bertema kompetensi pembentuk profil kerja sebagai supervisor laboratorium dan perekayasa proses kimia dilakukan oleh kak Zeni Ulma dan kak Ingga Wijawa (alumni angkatan 2011 dan 2012). Pada kesempatan ini, kak Ulma dan kak Ingga memaparkan pengalaman meniti karir, dari pembuatan CV, melamar pekerjaan, kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan, pekerjaan yang pernah dilakukan di industri, serta motivasi dalam bekerja. Kegiatan yang dimoderatori oleh Bu Kartini Megasari (Ketua Jurusan TKN dan dosen TKN) ini disambut baik oleh mahasiswa TKN, sehingga terjalin sesi tanya jawab yang menarik antara mahasiswa dengan alumni sebagai penyaji. Sharing knowledge oleh alumni ini ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama. Penyerahan sertifikat sebagai ucapan terimakasih kepada alumni (mbak Ulma dan mbak Ingga) yang telah menyempatkan berbagi ilmu dilakukan oleh Ibu Noor Anis Kundari (Pembantu Ketua III dan Dosen TKN).

Kegiatan sharing knowledge dilanjutkan oleh Gea Fitria dan Fitri Alawiyah yang menceritakan mengenai kerja praktik di Synchrotron Light Research Institute, Thailand. Gea Fitria menjelaskan mengenai Small Angel X-Ray Scattering, kemudian diteruskan oleh Fitri Alawiyah yang bercerita mengenai Micro X-Ray Fluorescence. Selain membagikan ilmu yang didapat selama kerja praktik, mereka juga menceritakan pengalaman tinggal di Nakhon Ratchasima, Thailand. Presentasi tersebut ditanggapi oleh mahasiswa dengan berbagai pertanyaan seperti langkah-langkah mendaftar, tahapan seleksi, kompetensi yang diperlukan, dan pertanyaan mengenai kerja praktik.

Kegiatan ini ditutup dengan nasihat dan motivasi yang disimpulkan oleh Ibu Maria Christina P. (dosen TKN). Beliau menyampaikan bahwa untuk dapat sukses di kerja praktik maupun di karier, diperlukan pembelajaran yang efektif dan tekun baik untuk mendapat ilmu hardskill maupun softskill. Ibu Maria juga menambahkan bahwa para mahasiswa perlu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris. Penyerahan sertifikat kepada Gea dan Fitri dilakukan oleh Ibu Maria, dilanjutkan dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *