UJIAN KOMPREHENSIF PERTAMA TAHUN 2017

Ujian Komprehensif merupakan salah satu tes yang harus dilalui oleh mahasiswa STTN karena ujian ini merupakan salah satu syarat untuk dapat mengajukan ujian lisan tugas akhir (pendadaran). Sudah lebih dari 11 tahun berturut-turut STTN menyelenggarakan ujian komprehensif bagi mahasiswa semester VIII.Ujian tersebut biasanya dilakukan dengan kesempatan mengulang ujian sebanyak 3 kali apabila nilai belum mencapai batas standar kelulusan ujian. Pada tahun 2017 ini, ujian komprehensif rencananya akan dilakukan sebanyak dua kali pengulangan oleh mahasiswa semester VII.

Beberapa tutorial ujian telah diselenggarakan guna mendukung ujian komprehensif tersebut. Tutorial ujian komprehensif dilaksanakan oleh dosen-dosen Teknokimia Nuklir dengan kompetensi bidang keahlian (KBK) terkait kenukliran dan keteknikkimiaan. Adapun ujian komprehensif di jurusan Teknokimia Nuklir terdiri dari dua mata ujian, yaitu keteknikkimiaan dan kenukliran. Soal-soal ujian komprehensif merupakan jenis soal pilihan ganda dengan mempertimbangkan cara memperoleh jawaban pada kolom yang disediakan. Peserta ujian harus menuliskan cara mengerjakan pada lembar soal agar dosen dapat memperhatikan dan mengevaluasi proses pengerjaan soal tersebut.

Ujian Komprehensif pertama telah dilaksanakan hari Sabtu, 11 November 2017 di ruang kuliah 11, 12, dan 13 lantai IV, STTN-BATAN, Yogyakarta. Sebanyak 31 mahasiswa Teknokimia Nuklir angkatan 2014 menghadapi ujian komprehensif I dengan serius ditemani oleh pengawas dan beberapa dosen Teknokimia Nuklir. Ujian komprehensif pertama itu dilaksanakan pada hari Sabtu ketika mahasiswa semester lainnya sedang libur akhir pekan, sehingga suasana ujian bisa kondusif dan tenang.

Adapun ujian tersebut dilaksanakan guna menjaga kualitas lulusan Teknokimia Nuklir agar mahasiswa tidak melupakan ilmu yang telah dipelajari di STTN. Selain menyegarkan kembali ilmu yang pernah didapatkan, mahasiswa juga dituntut untuk selalu mempertahankan kebiasaan belajar, berusaha dan berdoa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *