TEKNOKIMIA NUKLIR

TRAINING COLLABORATION IN CHEMICAL ANALYSIS DENGAN UII

18 Dec

Program Studi D IV Teknokimia Nuklir berkolaborasi dengan D III Analis Kimia UII dalam acara Training Collaboration in Chemical Analysis pada 1 November 2017.  Training Collaboration in Chemical Analysis ini

diselenggarakan di Ruang Sidang I FMIPA UII. Kegiatan ini diikuti oleh 32 mahasiswa Program Studi D IV Teknokimia Nuklir STTN BATAN didampingi 2 dosen pendamping. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kompetensi pengujian di bidang kimia yang mendukung kompetensi mahasiswa STTN BATAN.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Program Studi D III Analisis Kimia FMIPA UII. Dalam sambutannya, Thorikul Huda, M.Sc. “Kompetensi di bidang pengujian kimia, baik pengujian konvensional dan instrumental menjadi sebuah kebutuhan dalam rangka standardisasi kompetensi dalam sistem sertifikasi profesi di bidang tenaga pengujian laboratorium kimia.  Training collaboration in chemical analysis diharapkan dapat memperkuat kompetensi pengujian secara gravimetri, volumetri, spektrometri dan kromatografi sebagai kompetensi mendasar dalam pengujian baku dan tidak baku yang diterapkan di dunia kerja. Materi training disajikan oleh tim dosen yang telah memiliki sertifikasi kompetensi di bidang pengujian dasar (volumetric dan gravimetri), spektrometri dan kromatografi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi” ujar beliau.
Peserta mendapatkan materi pengujian dasar dari narasumber Reni Banowati Istiningrum, M.Sc., Kuntari, M.Sc. dan Puji Kurniawati, M.Sc. Pengenalan instrumentasi spektrometri dan kromatografi di laboratorium dipandu dengan instruktur dari tim dosen dan analis yang ada di Laboratorium Kimia Terapan dan Laboratorium Instrumentasi Terpadu. Pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat kompetensi pengujian kimia secara umum, disamping menguasi metode pengujian dengan teknologi nuklir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *