Selaraskan Kompetensi Lulusan dengan Serapan Kerja, Jurusan Teknokimia Nuklir lakukan Kunjungan Industri ke PT Lotte Chemical Titan Nusantara dan PTRR-BATAN

Yogyakarta (31/10), Kunjungan Industri diikuti oleh 7 staff Jurusan Teknokimia Nuklir (TKN) yang terdiri dari 6 perwakilan dosen dan 1 bagian administrasi jurusan ini dilakukan selama dua hari di dua tempat yang berbeda. Kunjungan pertama dilakukan di PT Lotte Chemical Titan Nusantara, Cilegon pada tanggal 29 Oktober 2019 dan dilanjutkan dengan kunjungan ke PTRR-BATAN, Serpong pada tanggal 30 Oktober 2019.

Penyerahan Cendera Mata oleh Ketua Jurusan TKN ke PT Lotte Chemical Titan Nusantara (kiri) dan PTRR-BATAN (kanan)

Kedatangan perwakilan Jurusan Teknokimia Nuklir di PT Lotte Chemical Titan Nusantara disambut oleh Bapak Amir, Staff Bagian Human Resource and Development (HRD). Dalam sesi sambutan, perwakilan dari Jurusan TKN, Bapak Dr. Deni Swantomo, M.Eng menyampaikan maksud dan tujuan diadakan kunjungan “Kedatangan kami ini dengan maksud untuk membuka peluang kerjasama penelitian baik oleh mahasiswa (dalam bentuk kerja praktek/magang maupun tugas akhr/skripsi) maupun oleh dosen (dalam bentuk magang) mengingat tuntutan dari SKKNI 2019”. Merespon maksud dan tujuan tersebut, Bapak Hermanto, Staff Bagian Produksi, menyampaikan “kami dari pihak perusahaan akan dengan senang hati menerima kerjasama tersebut. Untuk magang/tugas akhir baik yang dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen, dapat dilakukan pengajuan terlebih dahulu sekitar 8 bulan sebelum kegiatan. Kami dari pihak perusahaan menerima magang mahasiswa setiap bulannya dengan kuota 17 orang. Untuk tahun ini, magang dosen dari pihak Kemenperin ada dua orang”.

Acara di PT Lotte Chemical Titan Nusantara dilanjutkan dengan tour pabrik dan sharing/diskusi yang diisi langsung oleh kepala bagian produksi, Bapak Rudi Repelita. Dalam sesi diskusi tersebut, pihak perwakilan Jurusan TKN menerima banyak masukan terkait pengembangan kurikulum yang harus disesuaikan dengan SKKNI 2018. “Kalau dari pihak pabrik, kompetensi dasar, baik dari sisi operasi alat maupun fundamental prinsip alat wajib diajarkan ke mahasiswa. Selain itu, kemampuan menginterpretasikan hasil (dalam hal analysis) wajib dikuasai oleh mahasiswa tersebut” ucapnya. Sebagai tambahan “Kemampuan yang sesuai SKKNI 2018, seperti membaca Piping and Instrument Diagram (F&ID) harus dikuasai oleh para mahasiswa. Karena hal tersebut merupakan peta dasar dari sebuah pabrik. Hal lain juga perlu dikuasai seperti utilitas, pengolahan limbah, kalibrasi, dan soft competency juga harus diajarkan”.

Foto Perwakilan Jurusan Teknokimia Nuklir Bersama Staff PT Lotte Chemical Titan Nusantara

Kunjungan kedua yang dilakukan di PTRR-BATAN disambut oleh Bapak Riyanto Riyadi, salah satu perwakilan dari PTRR-BATAN dan dilanjutkan sambutan oleh perwakilan Jurusan TKN, Bapak Dr. Deni Swantomo, M.Eng, “Setiap 5 tahun sekali, Jurusan TKN perlu melakukan perubahan dan pengembangan kurikulum. Sehingga, menimbang pentinganya hal tersebut, kami mengharapakan masukan dari pihak PTRR BATAN sebagai salah satu agen yang memperkerjakan lulusan TKN. Selain itu, kami juga mengharapkan masukkan apakah ada sertifikasi tertentu yang diperlukan guna menyiapkan lulusan kami kedepannya”.

Acara kemudian dilanjutkan dengan masukan dari beberapa alumni yang bekerja di PTRR BATAN, beberapa diantaranya berupa pentingnya menyampaikan kompetensi terkait proses produksi radioisotope, mulai dari skill preprasi sampel hingga ilmu terkait sifat fisis dan kimia bahan dan sebagainya. Selain itu, beberapa kompetensi lainnya berupa ilmu terkait nanopartikel, sintesis kimia, manipulator, formulasi, karakterisasi/teknik analisis, dan isodose/dosimetri interna, serta ilmu permodelan dan kinetika. Terkait dengan setifikasi yang dirasa perlu untuk dikembangkan yakni sertifikasi/pelatihan manipulator operator. Sama halnya dengan kunjungan di PT Lotte Chemical Titan Nusantara, perwakilan dari Jurusan TKN diajak untuk tour mempelajari proses yang ada di PTRR BATAN dan ditutup dengan foto bersama. (asp)

Foto Perwakilan Jurusan Teknokimia Nuklir Bersama Staff PTRR-BATAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *