Tingkatkan Skill Mahasiswa, Jurusan TKN adakan Collaboration Training dengan FMIPA UII

Yogyakarta (29/10), Sejumlah 26 mahasiswa/i Jurusan Teknokimia Nuklir (TKN) angkatan 2018 mengikuti collaboration trainning dengan FMIPA UII yang dilaksanakan di Laboratorium Terpadu UII. Kunjungan ini merupakan program kerja sama antara FMIPA UII dengan STTN yang telah berlangsung kurang lebih sekitar 4 tahun belakangan ini. Pada training ini, mahasiswa dampingi oleh 2 dosen yaitu ibu Ir. Giyatmi, M.Si dan Ibu Harum Darojati M.T, serta salah satu alumni TKN 2015 yaitu Ambar Kadarwati, S.ST.

Penjelasan oleh Pemateri dari FMIPA UII

Sebelum terjun langsung ke laboratorium, mahasiswa dan pendamping berkumpul di ruang pertemuan untuk pembukaan dan penyampaian materi dari 3 orang dosen UII. Sambutan dibawakan langsung oleh dekan FMIPA UII yaitu Prof. Yanto Ph.D, sekaligus penyampain materi pertama tentang Pengendalian Mutu Labortatorium. Kemudian dilanjutkan dengan materi FTIR (Fourier-transform Infrared) oleh Ibu Kuntari,S.Si., M.Sc dan diakhiri oleh ibu Dr. Noor Fitri S.Si, M.Si dengan materi GC-MS (Gas chromatografi-mass spectrometry). Seluruh mahasiswa menikmati setiap sesi materi dan aktif mengikuti setiap sesi.

Pemberian Kenang-kenangan dari Jurusan Teknokimia Nuklir ke FMIPA UII

Setelah pemberian materi, para mahasiswa di bagi menjadi 2 kelompok untuk mengunjungi Laboratorium Kimia Analisis yang didalamnya terdapat FTIR dan Laboratorium Kimia Terapan yang menyimpan Intrumen GC secara bergantian, di setiap lab mahasiswa di jelaskan kembali tentang instrumen yang bersangkutan dan diajarkan tentang pengoprasiannya. sayangnya para mahasiswa tidak berkesempatan untuk melihat dan belajar mengoprasikan GC-MS karena intrumen tersebut sedang offline.
Salah seorang mahasiswa, Nanda Jasri menyampaikan “Dengan adanya kunjungan seperti kita dapat mempelajari dan melihat secara langsung instrumen-instrumen kimia lain selain yang terdapat di STTN, acara seperti ini pun kesempatan kita untuk mejalin relasi dengan mahasiswa kampus lain terlebih panitia dan pemateri yang ramah membuat enjoy untuk menambah kemampun dan soft skill kita. ”Kemudian nanda menambahkan dengan sedikit tertawa “kalau bisa sih sering sering ada kunjungan kayak gini, kalau bisa setiap semester.” (asp\lulu)

FotoMahasiswa dan Dosen Jurusan Teknokimia Nuklir bersama Pemateri/Dosen dari FMIPA UII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *