Dosen Jurusan TKN Ikuti Workshop Penyusunan Dokumen Pembelajaran Berbasis SCL

Yogyakarta (28/01), Workshop yang bertemakan penyusunan dokumen pembelajaran berbasis student center learining (SCL) ini diikuti oleh dosen dan pengajar Jurusan Teknokimia Nuklir guna menyiapkan tenaga pendidik dalam menyiapkan bahan ajar pada masa studi mahasiswa kedepannya. Selaku narasumber, Ibu Antuni Wiyarsi, S.Pd., M.Sc., Ketua Prodi Pendidikan Kimia UNY, memaparkan materi dokumen pembelajaran yang terbagi ke dalam tiga sesi diskusi. Kegiatan yang berlansung di Ruang Sidang lantai 2 Auditorium yang diikuti oleh 15 peserta (dosen).

Sesi pertama berlangsung selama satu setengah jam, dari pukul 09.00 hingga 10.30 WIB, dengan materi pembahasan mengenai dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar dan dilanjutkan dengan diskusi. Jenis komunikasi dalam pembelajaran terdiri dari empat komponen, yakni komunikasi andragogik (dosen-mahasiswa), didaktik (mahasiswa-materi), dan antar pribadi (antar mahasiswa).

Sesi kedua juga berlangsung selama satu setengah jam, dari pukul 10.30 hingga 12.00 WIB, dengan materi penyusunan program pembelajaran jangka waktu satu semester mata kuliah (silabus atau rencana pembelajaran semester/RPS). Secara umum, langkah penyusunan RPS terdiri dari: identifikasi CP lulusan, perumusan CPMK (mata kuliah), perumusan sub-CPMK, analisis pembelajaran dari sub-CPMK, indikator penilaian sub-CPMK, pengembangan materi pembelajaran, pengembangan pendekatan/metode/strategi/teknik, dan evaluasi pembelajaran.

Sesi terakhir berlangsung dari pukul 13.00 hingga 15.30 WIB dengan materi penyusunan program pembelajaran jangka pendek, RTM, LKM, dan LPHB. Disamping itu, juga dipaparkan terkait prinsip dan metode penilaian. Domain prinsip penilaian yang dimaksud berupa psikologis siswa, koginitif, penalaran, afektif, psikomotorik, keterampilan sosial, dan produk. Sebelum diskusi sesi tiga dimulai, dosen dan pengajar jurusan Teknokimia Nuklir juga dipaparkan mengenai materi rubrik penilaian. Keluaran dari kegiatan workshop yang telah dilakukan ini adalah agar dosen dan pendidik jurusan Teknokimia Nuklir bisa memformulasikan dokumen pembelajaran dengan baik demi menyukseskan capaian pembelajaran program studi. (asp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *