Sharing Knowledge Usulan Penelitian Disertasi oleh Ibu Maria Christina P., M.Eng.

Yogyakarta (05/02), Sharing knowledge tahun baru 2020  kali ini diawali dengan semangat tentang usulan penelitian desertasi salah satu dosen program studi Teknokimia Nuklir, Ibu Maria Christina P., M.Eng., yang saat ini tengah menempuh pendidikan lanjut di program studi S3 Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sharing knowledge yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa semester 7 program studi Teknokimia Nuklir ini menyajikan materi tentang “Preparation of Functionalized Porous Silica Nanoparticle as Theranostic Vehicle Candidate in Cancer Treatment Applications”.

Menurut Ibu Maria Christina P, M.Eng. hal yang melatar belakangi penelitian disertasi tersebut adalah perkembangan kasus kanker yang ada di dunia. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan data bahwa sebanyak 9,6 juta kasus kematian terkait kanker dan sebanyak 18,1 kasus baru, serta diperkirakan sebanyak 22 juta kasus dalam beberapa tahun mendatang. Sampai saat, kasus kanker ditangani dengan metode “diagnostik dan terapi” yang dilakukan pada waktu yang tidak simultan atau dilaksanakan secara terpisah antara diagnostik dan terapi sehingga memerlukan waktu relatif lama. Pada penelitian yang beliau lakukan, beliau mengembangkan silika nanopartikel berpori yang terfungsionalisai. Kelebihan dari penelitian tersebut adalah bahwa memungkinkan penanganan diagnosis dan terapi dilakukan seacara simultan (bersamaan) atau dikenal dengan istilah teranostik.

“Alasan pemilihan nanopartikel silika berpori adalah (i) generally recognized as safe atau secara umum diakui aman untuk makanan dan kosmetik oleh FDA, (ii) faktor kapasitas pemuatan obat (radionuklida) tinggi, (iii) dapat mengikat obat (radionuklida) dengan afinitas baik, dan (iv) ukuran nanopartikel dapat dikontrol dan stabil (≤ 300 nm)” tambah beliau ketika memaparkan latar belakang penelitian dalam presentasinya.

Diakhir sesi sharing knowledge, Bapak Edy Giri Rachman Putra, Ph.D., selaku salah satu promotor pendidikan S3 beliau memberikan pertanyaan dan beberapa masukan terkait arahan perbaikan dan kelancaran studi dan penelitian beliau. Tidak lupa, selain dosen, mahasiswa juga  bertanya dan memperoleh ilmu baru terkait beberapa karakterisasi material, bagaimana memaparkan presentasi yang baik, dan banyak hal melalui sharing knowledge kali ini. (asp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *