Teknokimia Nuklir Menyelenggarakan Webinar Pengenalan Teknik Analisis Nuklir

Yogyakarta (1/7), Memasuki masa new normal dari wabah covid-19, Jurusan Teknokimia Nuklir menyelenggarakan webinar bertajuk pengenalan teknik analisis nuklir menggunakan aplikasi zoom. “Kegiatan tersebut sebenarnya merupakan agenda rutin yang diselenggarakan jurusan Teknokimia Nuklir menggandeng kerja sama dengan jurusan Kimia FMIPA UII” jelas Ibu Maria Christina P, M.Eng., selaku ketua acara kegiatan webinar tersebut. Meskipun demikian, webinar tersebut tidak hanya diikuti oleh mahasisiwa jurusan Teknokimia Nuklir dan kimia FMIPA UII, tetapi juga diikuti oleh mahasiswa dari beberapa kampus di Indonesia seperti UGM, ITB, ITS, UNS, ITERA, UNY, UPN, UMS, dan beberapa kampus lainnya.
Kegiatan webinar yang diikuti oleh sekitar 200 peserta ini dibagi ke dalam tiga sesi pemaparan dengan materi yang berbeda-beda tiap sesi. Selaku Ketua STTN-BATAN, sekaligus dosen jurusan Teknokimia Nuklir, Bapak Edy Giri Rachman Putra, Ph.D., menjadi pemateri sesi pertama dalam webinar tersebut dengan materi tentang perkembangan terkini teknik analisis nuklir. Materi kemudian dilanjut oleh Ibu Maria Christina P, M.Eng, dosen jurusan Teknokimia Nuklir, tentang analisis lingkungan menggunakan spektrometer gamma. Materi terakhir mengenai analisis sampel logam menggunakan XRF dipaparkan oleh Ibu Nilats Tsurrayya, M.Si., dosen Jurusan Teknokimia Nuklir. Sesi diskusi dan tanya jawab dilanjutkan di akhir sesi webinar yang diikuti oleh peserta webinar dengan aktif dan antusius bertanya terkait materi teknik analisis nuklir tersebut.
“Kami dari jurusan Kimia FMIPA UII mengucapkan terima kasih kepada jurusan Teknokimia Nuklir telah menyelenggarakan agenda kerja sama rutin ini. Materi yang disampaikan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa kami yang tidak kami ajarkan di jurusan kami. Selain mengedukasi tentang pemanfaat nuklir, webinar ini juga mengedukasi mahasiswa kami terkait teknik analisis lainnya (diluar FTIR, UV-Vis, dll) menggunakan nuklir. Kami berharap kerja sama yang kita jalin terkait collaboration training ini bisa terus bisa berlanjut. Kami juga menginformasikan dalam waktu dekat kami mengundang civitas akademik jurusan Teknokimia Nuklir untuk sesi collaboration training minggu depan mengenai analisis FT-IR, GC, dan HPLC pada tanggal 4 Juli 2020 mendatang” ucap Ibu Yuli Rohyami, M.Sc., dosen jurusan Kimia FMIPA UII (asp).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *