Kerja Praktek

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir-Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) merupakan satu-satunya sekolah tinggi di Indonesia yang basis pembelajarannya pada ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir. Selain mempelajari teori-teori ilmu pengetahuan, mahasiswa STTN-BATAN sendiri menempuh berbagai mata kuliah praktik/praktikum yang dilakukan di laboratorium, bengkel, maupun instansi/industri.

Kerja Praktik (KP) merupakan mata kuliah yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja yang sesuai dengan dunia kerja yang akan dimasuki, membandingkan dan menerapkan pengetahuan akademis yang telah didapatkan, serta memahami konsep-konsep non akademis dan non teknis di dunia kerja nyata seperti hubungan atasan bawahan, hubungan sesama kolega, deadline, ketidakpastian, serta penerapan di lapangan yang terkadang tidak sesuai dengan teori akademis juga diharapkan dapat pula menjadi salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa.

Dengan mengikuti Mata Kuliah KP yang diharapkan dapat membekali mahasiswa untuk memahami kaidah bermasyarakat sesuai dengan keahliannya, sehingga mata kuliah ini termasuk dalam kelompok Mata kuliah Berkehidupan Bersama (MBB). Prinsip pelaksanaan KP adalah mahasiswa merencanakan KP di suatu tempat dalam bidang/konsentrasi tertentu dalam bentuk proposal untuk mendapatkan persetujuan dari Ketua Jurusan. Ruang lingkup KP harus sesuai dengan Tujuan KP yang dituangkan dalam Proposal KP dan harus relevan dengan kurikulum Program Studi. Hal-hal yang ingin dicapai melalui pelaksanaan Kerja Praktik ini adalah:

1. Melatih kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja, berinteraksi dengan bawahan, rekan kerja, dan atasan dalam instansi/perusahaan
2. Mengamati secara langsung aktivitas perusahaan dalam memproduksi dan menjalankan bisnis
3. Menambah wawasan mengenai sistem produksi dan sistem bisnis
4. Menerapkan teori yang diperoleh di perkuliahan ke tempat kerja Praktik
5. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengamati, membandingkan, menganalisis, dan menerapkan ilmu yang diperoleh dari kuliah dengan keadaan sebenarnya dalam Praktik
6. Mahasiswa dapat melihat, mengerti, dan mempelajari hal-hal yang berbeda dari dunia pendidikan, seperti tingkah laku (attitude), kemampuan berkomunikasi (communication skill), dan kerjasama (team work)
7. Kerja Praktik dapat dijadikan media untuk memperoleh pengalaman awal, melatih keterampilan, kedisiplinan, melatih bersikap, serta bertindak di masyarakat industri.

Bagi perusahaan atau instansi tempat Kerja Praktik, program Kerja Praktik dapat dikaitkan dengan usaha mengisi kebutuhan tenaga kerja baru. Bagi STTN, program Kerja Praktik dapat menjadi sarana pengabdian kepada masyarakat dan dapat dikembangkan menjadi kerjasama yang saling menguntungkan antara STTN dengan instansi. STTN diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi instansi tempat Kerja Praktik sehingga mempererat jalinan kerjasama.

Unduh Pedoman Kerja Praktek