TEKNOKIMIA NUKLIR
No. Kompetensi Deskripsi Profil
1. PetugasĀ  Keselamatan dan Proteksi Radiasi. Ahli dalam pengendalian keselamatan radiasi dan non radiasi di instalasi nuklir, laboratorium, dan industri kimia
2. Supervisor (Penyelia) Laboratorium Kimia Ahli dalam penyeliaan di laboratorium proses kimia atau pengujian dan bertanggung jawab terhadap mutu proses dan hasil uji

Untuk dapat menjamin pencapaian kompetensi utama dan pendukung lulusan Prodi DIV Teknokimia Nuklir, maka dilaksanakan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

  • Petugas keselamatan dan proteksi radiasi, maka calon lulusan diberikan bekal berupa:
  1. Surat Ijin Bekerja (SIB) Petugas Proteksi Radiasi (PPR) Industri level 1, yaitu dengan cara diikutsertakan kursus PPR pada akhir semester 7 dan pada acara wisuda SIB yang berasal dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) selaku lembaga pemberi ijin, akan diserahkan.
  2. Sertifikat keselamatan dan kesehatan kerja bidang kimia, yaitu dengan diikutsertakan dalam kursus petugas keselamatan dan kesehatan kerja bidang kimia yang dilaksanakan oleh lembaga kursus yang kompeten yang dilaksanakan pada akhir semester 2. Pelaksanaan kursus dipilih saat mahasiswa masih awal menempuh studi di STTN agar mahasiswa setelah mendapatkan sertifikat dapat mempraktekkan ilmu yang dimiliki selama dia masih menempuh perkuliahan, sehingga kebiasaan keselamatan dan kesehatan kerja akan menjadi budaya setelah mahasiswa tersebut lulus nantinya.
  3. SIB petugas iradiator, yaitu sebagai petugas dosimetri. Petugas dosimetri adalah salah satu syarat dapat dioperasikannya suatu iradiator. Dengan perkembangan minat masyarakat untuk menggunakan iradiator untuk berbagai bidang aplikasi, maka permintaan pasar akan petugas dosimetri ini akan semakin meningkat. Kursus untuk mendapatkan SIB petugas dosimetri ini direncanakan untuk dilaksanakan pada akhir semester 6.
  • Supervisor (penyelia) laboratorium kimia. Untuk dapat menjamin tercapainya kompetensi lulusan ini, maka Prodi TKN memprogramkan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
  1. Student worker, program ini adalah program wajib bagi mahasiwa tahun terakhir kuliah. Program ini dilaksanakan selama satu tahun. Caranya adalah dengan membagi seluruh mahasiswa untuk magang bekerja di laboratorium-laboratorium yang dimiliki oleh Prodi TKN. Pada program ini mahasiswa wajib masuk dengan jam kerja sebagaimana karyawan, yaitu masuk pukul 07.30 dan pulang pukul 16.00. Selama waktu tersebut (ketika tidak sedang kuliah) mahasiswa wajib masuk bekerja sebagaimana seorang pengelola laboratorium kimia dengan bimbingan kepala laboratorium yang bersangkutan.
  2. Sertifikasi kimia analisis, sebagai realisasi ditandanganinya MOU kerjasama dengan D3 Kimia Analisis Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, maka Prodi TKN akan memanfaatkannya untuk mensertifikasi para mahasiswa yang berminat untuk mendapatkan sertifikasi profesi kimia analisis untuk bidang analisis tertentu. Kursus pengelolaan laboratorium ISO 17025 yaitu tentang persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi.