Kurikulum

Kurikulum adalah sebuah program yang disusun dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum yang digunakan di Jurusan Teknokimia Nuklir saat ini mengacu pada Dokumen Kurikulum TKN tahun 2016. Kompetensi lulusan yang dituangkan dalam kurikulum Program Studi Diploma IV Teknokimia Nuklir tahun 2016 dikembangkan dengan mengacu ABET (American Board for Engineering and Technology), yang akan menghasilkan rumusan kompetensi lulusan sebagai berikut:

Lulusan Diploma IV Teknokimia Nuklir memiliki kemampuan:
1. Analisis dalam perancangan, proses dan operasi teknokimia nuklir
2. Analisis dan pengujian bahan yang digunakan baik pada industri nuklir, maupun non nuklir
3. Mengoperasikan peralatan proses dan instrumentasi kimia
4. Melakukan perawatan peralatan kimia
5. Melaksanakan kegiatan litbang serta membimbing teknisi
6. Petugas Proteksi Radiasi setelah lulus ujian lisensi
7. Mengelola industri kimia dengan memperhatikan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

Selain itu juga memiliki ketrampilan untuk mengembangkan sikap dan kebiasaan-kebiasaan sebagai berikut:
1. Bekerja secara efisien dan efektif
2. Bekerja mengikuti prosedur yang benar dengan memperhatikan keselamatan diri dan lingkungan
3. Sikap menguji informasi, spesifikasi, metode, dan hasil
4. Bertanggung jawab untuk hasil yang bermanfaat
5. Bekerja sama untuk tujuan dan hasil yang lebih baik
6. Menjunjung tinggi etika profesi dan moral

Untuk memenuhi kompetensi yang diinginkan, kurikulum 2016 dirancang dengan mengintegrasikan hardskill dengan softskill. Dalam kurikulum tahun 2016, tujuan pembelajaran dipilah menjadi 3, yaitu sebagai berikut:
1. Tujuan jangka panjang;
2. Capaian pembelajaran lulusan (program outcomes);
3. Tujuan pembelajaran, Learning Outcome (LO).

Tujuan Jangka Panjang (Program Educational Objectives, PEO)

Tujuan jangka panjang adalah kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh lulusan setelah lima tahun bekerja sebagai lulusan sarjana terapan Teknokimia Nuklir. Setelah dilakukan analisis terhadap keadaan masa depan, benchmarking, tracer study, dan evaluasi atas customer satisfaction, tujuan jangka panjang Program Studi Diploma IV Teknokimia Nuklir dirumuskan sebagai berikut:
1. Menghayati nilai-nilai, perilaku, dan etika ahli teknokimia nuklir yang profesional
2. Mampu mengidentifikasi, memformulasi, dan menyelesaikan masalah keteknikkimiaan terutama yang terkait dengan bahan nuklir dan proses kimia radiasi dengan selalu menjunjung tinggi keselamatan, kesehatan, dan kelestarian lingkungan
3. Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen, mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data agar menjadi informasi yang bermakna untuk dipublikasikan dalam media yang bereputasi
4. Mampu mengikuti teknologi baru dan memanfaatkannya untuk praktek-praktek keteknikan dan selalu belajar sepanjang hayat
5. Mempunyai kemampuan komunikasi, kerjasama, dan kepemimpinan dalam masyarakat multidisplin.

Capaian Pembelajaran Lulusan (Program Outcomes)

Dalam rangka menyusun capaian pembelajaran lulusan diperlukan profil lulusan dan deskripsi profil. Berdasarkan pelacakan data alumni diperoleh profil lulusan D-IV Teknokimia Nuklir adalah sebagai dijabarkan pada profil lulusan. Berdasarkan hasil tracer study dan diskusi dengan dosen-dosen program studi serta perwakilan mahasiswa, alumni, dan industri, lulusan Program Studi Diploma IV Tekokimia Nuklir profil dan deskripsinya adalah seperti disajikan pada Tabel 1. Kurikulum Program Studi Diploma IV Teknokimia Nuklir disusun sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang mengacu SNDIKTI.

Capaian Pembelajaran Lulusan

Berdasarkan profil (beserta deskripsi) dan deskripsi capaian pembelajaran level 6 KKNI dirumuskan capaian pembelajaran deskripsi spesifik Program Studi Diploma IV Teknokimia Nuklir adalah seperti disajikan dalam Tabel 2 dan Tabel 3.

Unduh Dokumen Lengkap Kurikulum Prodi Teknokimia Nuklir