Tugas Akhir

Tugas Akhir (TA) adalah karya ilmiah yang disusun menurut kaidah keilmuan dan ditulis berdasarkan kaidah Bahasa Indonesia, di bawah pengawasan atau pengarahan dosen pembimbing, untuk memenuhi kriteria-kriteria kualitas yang telah ditetapkan sesuai keilmuannya masing-masing. Tugas Akhir dibuat sebagai salah satu persyaratan untuk menyelesaikan suatu studi.

Pedoman ini disusun oleh Tim Penyusun Pedoman Penulisan Tugas Akhir Jurusan Teknokimia Nuklir dengan tujuan untuk memberikan tuntunan kepada mahasiswa dalam menyusun tugas akhir. Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dalam rangka melaksanakan tugas akhir harus kegiatan yang memenuhi kaidah dan metode ilmiah secara sistematis sesuai dengan otonomi keilmuan dan budaya akademik, juga harus mengarah pada terpenuhinya capaian pembelajaran lulusan serta memenuhi ketentuan dan peraturan STTN-BATAN.

Secara garis besar, tugas akhir mahasiswa STTN-BATAN memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Memiliki perumusan masalah untuk penelitian.
2. Judul tugas akhir ditentukan oleh mahasiswa dan atau oleh dosen pembimbing.
3. Harus ada keterlibatan metodologi.
4. Dibawah bimbingan berkala dan teratur oleh dosen pembimbing
5. Harus cermat dalam sajian (tata aturan penulisan)
6. Dipresentasikan dalam forum seminar/sidang
7. Dipertahankan dalam ujian lisan di depan tim dosen penguji.

Pedoman ini memuat pengertian dari istilah-istilah yang digunakan selama tugas akhir, prosedur pelaksanaan tugas akhir, format dan tata cara penyusunan usulan penelitian, proposal tugas akhir, hingga laporan tugas akhir. Buku pedoman ini juga dilengkapi dengan lampiran formulir-formulir yang dibutuhkan ketika melalui proses tugas akhir. Dengan adanya buku panduan tugas akhir, diharapkan mahasiswa memperoleh kemudahan memahami setiap proses tugas akhir mulai dari penyusunan usulan penelitian, seminar usulan penelitian, penyusunan proposal, penelitian dan penulisan tugas akhir, seminar pra-pendadaran (seminar pra-ujian lisan), hingga ujian pendadaran (ujian lisan) yang menentukan kelulusan mahasiswa.

Unduh Pedoman Tugas Akhir